Syarat & Ketentuan

  1. PENGANTAR
    Selamat datang! Terima kasih telah menggunakan Aplikasi DECA. Aplikasi DECA ("Layanan DECA" atau "DECA") merupakan aplikasi yang dikelola oleh PT. Delta Omega Beta ("Kami" atau "DOB"). Dalam mengakses, mengunduh, atau menggunakan Aplikasi DECA, Anda dianggap telah memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Layanan DECA. Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini akan berlaku sebagai perjanjian antara Anda dengan Kami dan berlaku setiap kali Anda melakukan transaksi menggunakan Aplikasi DECA melalui mitra penyedia lain yang bekerja sama dengan Kami.
  2. DEFINISI
    1. Akun DECA adalah akun milik Pengguna DECA yang terdaftar secara resmi dan bisa digunakan untuk berbagai layanan dan fitur yang terdapat di dalam Aplikasi DECA.
    2. Aplikasi DECA atau DECA adalah sebuah aplikasi yang menyediakan layanan sistem pembayaran dan transaksi perdagangan melalui sistem elektronik yang diselenggarakan oleh DOB serta telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia dan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
    3. Hari Kalender adalah setiap hari mulai dari Senin sampai dengan Minggu, termasuk hari libur nasional atau hari libur lain yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia.
    4. Pengguna DECA adalah Anda yang terdaftar dan memiliki Akun DECA.
    5. Saldo DECA adalah saldo uang elektronik yang tersimpan dalam Akun DECA milik Pengguna dan digunakan oleh Pengguna DECA dalam melakukan transaksi di dalam Aplikasi DECA.
  3. LAYANAN DECA
    1. Uang elektronik DECA yang diterbitkan oleh DOB melalui Aplikasi DECA memiliki fungsi yang sama dengan uang tunai sebagai alat pembayaran yang sah, di mana nilainya setara dengan nilai uang tunai yang disetorkan terlebih dahulu ke rekening bank konvensional BUKU 4 untuk Pengguna Aplikasi DECA,. Nilai uang yang disetorkan tersebut bukanlah bersifat simpanan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan dan oleh karenanya DECA tidak memberikan bunga serta tidak dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan.
    2. DECA lahir pada tahun 2022 untuk melayani masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian dan pembayaran layanan Biller secara elektronik.
    3. Nomor rekening DECA adalah nomor telepon selular dari Pengguna DECA yang tercatat pada DOB, di mana 1 (satu) Akun DECA hanya berlaku untuk 1 (satu) nomor telepon selular dalam jaringan Indonesia dan juga sebaliknya.
    4. Jenis layanan yang terdapat dalam Aplikasi DECA terbagi atas:
      1. DECA Basic, yaitu jenis layanan DECA bagi Anda yang belum melakukan verifikasi informasi tambahan dengan Kami selain dari informasi yang Kami mintakan saat Anda pertama kali menggunakan Aplikasi DECA, yang mana dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
        1. Isi Saldo DECA (Cash In / Top Up);
        2. Pembayaran transaksi; dan/atau
        3. Pembayaran tagihan.
        Apabila Anda sebagai pengguna DECA Basic ingin melakukan pengakhiran DECA, dan Saldo DECA Anda masih tersisa, maka dengan DECA Basic, Anda hanya dapat menghabiskan sisa saldo DECA tersebut dengan melakukan transaksi pada Aplikasi DECA sampai Rp 0.
      2. DECA Premium adalah jenis layanan DECA bagi Anda yang telah melakukan verifikasi informasi tambahan yang dimintakan oleh Kami selain dari informasi yang Kami mintakan saat Anda pertama kali menggunakan Aplikasi DECA, yang mana dapat dipergunakan untuk fasilitas layanan sebagai berikut:
        1. Isi saldo (Cash In/Top Up);
        2. Pembayaran transaksi;
        3. Pembayaran tagihan;
        4. Transfer dana ke sesame member DECA; dan/atau
        5. Tarik tunai;
        Pada saat Anda mengajukan permohonan untuk upgrade Akun DECA Anda menjadi DECA Premium, Anda dengan ini menjamin bahwa seluruh informasi milik Anda yang dikirimkan kepada DOB untuk proses upgrade tersebut adalah valid, sesuai, dan benar milik Anda. Lebih lanjut, Anda hanya diperbolehkan untuk mengajukan untuk 1 (satu) Akun DECA dengan menggunakan 1 (satu) e-KTP milik Anda untuk keperluan upgrade Akun DECA milik Anda. Apabila Anda sebagai pengguna DECA Premium ingin melakukan pengakhiran DECA, dan Saldo DECA Anda masih tersisa, maka dengan DECA Premium Anda dapat menghabiskan sisa Salo DECA tersebut dengan melakukan transaksi pada Aplikasi DECA sampai Rp 0 dan dapat mengirimkan Saldo DECA Anda dengan cara transfer Saldo DECA kepada Akun DECA milik Anda lainnya atau melalui transfer bank.
  4. AKTIVASI DECA BAGI PENGGUNA BARU
    1. Sebelum menggunakan DECA, Anda harus mendaftarkan informasi Anda dengan nomor telepon selular Anda untuk proses pendaftaran pertama kali.
    2. Untuk dapat mendaftarkan informasi Anda pada DECA, Anda harus terlebih dahulu melakukan aktivasi DECA dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Menggunakan nomor telepon selular yang aktif dalam jaringan telekomunikasi atau nirkabel.
      2. Mengunduh aplikasi DECA dan melakukan aktivasi Akun DECA setelah mengunduh aplikasi DECA selesai pada telepon selular Anda.
    3. Setelah melakukan pendaftaran, sistem akan menghasilkan kode verifikasi secara otomatis dan mengirimkan kode verifikasi (One Time Password/ OTP) tersebut melalui call yang akan mengupdate dan memverifikasi aplikasi DECA.
    4. Setelah melakukan verifikasi dan mengisi data-data yang dimintakan oleh DOB seperti pertanyaan keamanan dan alamat email, sistem akan membuatkan Anda Akun DECA. Akun DECA tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan layanan pada Aplikasi DECA. Dengan menggunakan DECA, Anda memahami bahwa nomor telepon selular Anda melekat pada Akun DECA milik Anda.
    5. Selanjutnya, apabila Anda yang belum mendaftarkan informasi tambahan Anda untuk DECA Premium pada Aplikasi DECA, maka Anda hanya akan aktif sebagai Pengguna DECA layanan DECA Basic.
    6. Pengguna layanan DECA Basic dapat melakukan upgrade menjadi Pengguna layanan DECA Premium dengan cara mendaftarkan informasi Anda, dan memberikan dokumen identitas kepada DOB berupa e-KTP milik Anda atau dokumen lain yang dapat dipersyaratkan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan telah lulus proses Customer Due Diligence (CDD) yang dilakukan oleh DOB.
    7. Pendaftaran dan pemberian dokumen identitas pribadi Anda, sebagaimana dimaksud di atas dapat dilakukan secara mandiri melalui Aplikasi DECA.
    8. Untuk memenuhi kaidah CDD, DOB dapat meminta informasi/dokumen tambahan tentang Pengguna DECA bila diperlukan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
    9. DOB berdasarkan analisa terlebih dahulu, berhak untuk melakukan pembatalan dan/atau penolakan proses upgrade dari layanan DECA Basic menjadi layanan DECA Premium sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dengan menginformasikan terlebih dahulu kepada Pengguna DECA.
    10. Anda membebaskan DOB dari segala tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk suami dan/atau istri dan/atau ahli waris Pengguna DECA sehubungan dengan proses pembatalan upgrade dari layanan DECA Basic menjadi layanan DECA Premium.
  5. PENGGUNAAN DECA
    1. Pengisian Saldo DECA (Cash In/Top Up) Anda dapat dilakukan pada bank - bank yang bermitra dengan DOB melalui ATM.
    2. Anda dapat menambahkan metode pembayaran lainnya untuk kebutuhan transaksi pada Aplikasi DECA, dengan cara memilih metode pembayaran pada Akun DECA milik Anda, dan menambahkan pilihan metode pembayaran yang diinginkan.
    3. Transaksi menggunakan DECA hanya dapat dilakukan selama Saldo DECA yang terdapat dalam Akun DECA milik Anda tersebut mencukupi untuk melakukan transaksi yang hendak dilakukan.
    4. Akun DECA Anda memiliki batasan jumlah Saldo dan batasan nilai dalam bertransaksi, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Untuk Pengguna DECA Basic, jumlah maksimum Saldo DECA dalam Akun DECA Anda adalah Rp 2.000.000,- (dua juta Rupiah) dengan nilai transaksi maksimum Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dalam 1 bulan berjalan untuk transaksi yang bersifat incoming;
      2. Untuk Pengguna DECA Premium, jumlah maksimum Saldo DECA dalam Akun DECA Anda adalah Rp 20.000.000,- (dua puluh juta Rupiah) dengan nilai transaksi maksimum Rp 40.000.000,- (empat puluh juta rupiah) dalam 1 bulan untuk transaksi yang bersifat incoming;
      3. Termasuk transaksi yang bersifat incoming antara lain setoran awal, transfer dana masuk, dan/atau pengisian ulang (top up); dan
      4. Tidak ada ketentuan minimum Saldo DECA yang diberlakukan kepada Pengguna DECA Basic maupun Pengguna DECA Premium untuk nilai minimal Saldo DECA mengendap.
    5. Transaksi Cash Out Saldo DECA dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Maksimal nominal transaksi Cash Out Saldo DECA adalah sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta Rupiah) per transaksi untuk Pengguna DECA Premium;
    6. Untuk kemudahan Anda, dari waktu ke waktu DOB dapat menyediakan informasi kepada Anda mengenai layanan DECA melalui media seperti Aplikasi DECA dan SMS (DECA) yang seluruhnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari DECA.
    7. Penggunaan Akun DECA Anda hanya dapat dilakukan oleh Anda sesuai dengan syarat dan ketentuan penggunaan yang berlaku dan tidak dapat dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala kerugian dan akibat yang timbul dari kelalaian, kesalahan, dan/atau ketidakhati-hatian dalam menggunakan Akun DECA merupakan tanggung jawab Anda sepenuhnya. Oleh karenanya, DOB tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang Anda alami akibat ketidakhati-hatian, kesalahan, atau kelalaian Anda tersebut.
    8. Terkait transaksi DECA yang disimpan secara elektronik di dalam server milik DOB, dalam hal terdapat perbedaan antara saldo dan/atau riwayat transaksi yang tertera dalam media atau sumber data lain seperti Aplikasi DECA, catatan merchant, telepon selular Pengguna, maka yang digunakan sebagai pedoman dan memiliki kekuatan mengikat secara hukum adalah data pada server DOB.
    9. Dalam hal nomor telepon selular Anda hilang atau hangus, maka pemindahan saldo DECA dapat dilakukan selama Pengguna DECA lulus proses validasi yang dilakukan oleh DOB.
    10. Dengan mengacu kepada kebijakan yang berlaku di DOB, Anda juga dapat mengajukan klaim pengembalian uang (refund) kepada DOB atas transaksi yang dilakukan di dalam Aplikasi DECA, di mana DOB akan memproses pengembalian uang (refund) berdasarkan hasil penelusuran atas keabsahan klaim yang diajukan tersebut sesuai dengan kebijakan yang berlaku di DOB.
    11. Kami dapat menolak transaksi yang Anda lakukan, dalam hal Anda melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan pemberian notifikasi kepada Anda atas penolakan tersebut.
    12. Anda wajib memahami bahwa pendebetan atas transaksi berhasil dimungkinkan mengalami keterlambatan karena terjadinya gangguan, dan DECA akan memberikan notifikasi terlebih dahulu kepada Anda untuk mendebet dana tersebut atas transaksi yang berhasil meskipun terdapat tenggang waktu dari sampainya notifikasi keberhasilan transaksi. Atas hal tersebut, Anda dengan ini dianggap telah sepakat untuk mengikuti ketentuan prosedur internal DOB dan ketentuan hukum yang berlaku terkait pendebetan tersebut.
    13. DOB setiap saat berhak untuk memblokir, membekukan, atau membatalkan Akun DECA Anda yang dimiliki dan/atau transaksi yang dilakukan oleh Anda apabila termasuk dalam parameter transaksi keuangan mencurigakan sebagaimana ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan/atau berdasarkan perintah dari otoritas yang berwenang pada dana milik Anda yang berasal dari tindak pidana atau diduga berasal dari tindak pidana di mana dana yang dimiliki tidak seharusnya dikuasai oleh Anda.
    14. Dalam menggunakan Aplikasi DECA, Anda dengan ini telah memahami bahwa terdapat biaya-biaya yang dapat dikenakan kepada Anda sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau kerjasama DOB dengan mitra pihak ketiga, di mana biaya-biaya dalam penggunaan DECA yang terdiri dari biaya-biaya sebagai berikut:
      1. Biaya top-up Saldo DECA: Anda dapat dikenakan biaya tambahan oleh bank atau mitra DOB yang memfasilitasi Top-Up saldo DECA dengan konfirmasi pengenaan biaya sebelumnya kepada Anda.
      2. Biaya transfer ke rekening bank: Anda dapat dikenakan biaya tambahan oleh bank atau mitra DOB yang memfasilitasi transfer ke rekening bank dengan konfirmasi pengenaan biaya sebelumnya kepada Anda.
      3. Biaya layanan aduan konsumen: Anda akan dikenakan biaya pulsa dan/atau kuota internet oleh operator seluler atau internet provider, dengan besarnya biaya pulsa dan/atau kuota tersebut sesuai dengan kebijakan masing-masing operator seluler dan/atau internet provider yang dipakai oleh Anda. Atas hal tersebut, Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa DOB tidak menarik biaya dalam bentuk apapun untuk untuk menerima aduan konsumen dari Anda.
  6. PEMBLOKIRAN DAN PENGAKHIRAN DECA
    1. Anda memahami bahwa atas Akun DECA milik Anda dapat dilakukan pemblokiran ataupun pemberhentian sementara dan/atau permanen, berdasarkan hasil analisa terlebih dahulu dari DOB dalam kepentingannya untuk menyediakan layanan DECA serta fitur-fitur yang ada di dalamnya apabila terdapat indikasi seperti fraud atas penggunaan layanan DECA ataupun Akun DECA milik Anda, tidak validnya data milik Anda, Akun DECA milik Anda dianggap oleh DOB sudah tidak aktif digunakan dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan, serta apabila terdapat permintaan dari:
      1. Anda sebagai Pengguna DECA.
      2. Institusi dan/atau Lembaga Pemerintah termasuk aparat penegak hukum; dan/atau
      3. Individu perseorangan atau badan hukum yang mengajukan permohonan pemblokiran terhadap Akun Pengguna DECA kepada DOB yang melampirkan dokumen dari institusi yang berwenang, termasuk surat laporan dari kepolisian.
    2. Layanan permintaan blokir dan buka blokir tersedia bagi Pengguna DECA Basic dan Pengguna DECA Premium.
    3. Anda dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara Akun DECA melalui call center dan/atau titik pelayanan DOB dalam hal kehilangan nomor telepon selular dan/atau media DECA lainnya milik Pengguna DECA. Pengajuan pemblokiran tersebut hanya dapat dilaksanakan setelah DOB melakukan verifikasi data kepada Anda terkait pengajuan pemblokiran tersebut. DOB tidak bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu kehilangan hingga adanya permintaan pemblokiran.
    4. Anda dapat mengajukan permohonan pembukaan Akun DECA yang telah diblokir kepada DOB melalui call center dan/atau titik pelayanan DOB apabila nomor telepon selular Pengguna DECA tersebut telah diaktifkan kembali oleh Anda. Pembukaan Akun DECA yang telah diblokir hanya dapat dilakukan oleh Anda setelah melalui proses verifikasi data oleh DOB.
    5. Anda sepakat bahwa atas permintaan Institusi dan/atau Lembaga Pemerintah yang berwenang dan/atau berdasarkan pertimbangan DOB serta berdasarkan analisa terlebih dahulu dari DOB, DOB berhak melakukan pemblokiran Akun DECA Anda sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku jika Pengguna DECA melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dan/atau terdapat indikasi bahwa Saldo DECA pada Akun DECA tersebut patut diduga berpotensi atau telah disalahgunakan, termasuk namun tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan masyarakat atau pihak lain dan/atau DOB serta berdasarkan alasan dan pertimbangan lain yang semata-mata ditetapkan oleh DOB dan/atau demi alasan keamanan, dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak 3 (tiga) kali pada saat mengakses atau melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang menurut pertimbangan DOB patut diduga dapat menimbulkan kerugian bagi Anda. Anda dengan ini sepakat bahwa terkait pengakhiran pemblokiran Akun DECA merupakan wewenang sepenuhnya dari DOB.
    6. Layanan DECA berakhir apabila:
      1. Diakhiri atas permintaan Anda setiap saat dengan mengisi permintaan pengakhiran Layanan atau formulir lainnya yang ditetapkan oleh DOB;
      2. DOB melaksanakan suatu keharusan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;
      3. Berdasarkan analisa kami, terdapat indikasi penyalahgunaan layanan DECA oleh Anda atau pihak ketiga lainnya dalam kaitannya dengan pelanggaran Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dan/atau hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku; dan/atau
      4. Berakhirnya layanan nomor telepon selular yang terhubung dengan layanan DECA berdasarkan pengajuan permohonan pengakhiran dari Anda dengan alasan berakhirnya layanan nomor telepon selular tersebut.
    7. Dalam hal pengakhiran DECA, dengan memperhatikan kebijakan DOB, untuk Saldo DECA yang masih tersisa dalam Akun DECA milik Anda hanya dapat dikembalikan dengan cara melakukan transfer atas seluruh Saldo DECA tersebut kepada Akun DECA milik Anda lainnya selain dari Akun DECA yang hendak Anda akhiri ini, atau melalui transfer bank. Kami menghimbau Anda untuk melakukan transaksi dalam Aplikasi DECA hingga Saldo DECA dalam Akun DECA Anda telah habis.
    8. DOB berhak untuk melakukan downgrade atas status Akun DECA milik Anda, di mana Kami berhak berdasarkan penilaian Kami atas sebab tertentu untuk melakukan penurunan status Akun DECA Anda dari DECA Premium menjadi DECA Basic karena data yang Anda kirimkan ke DOB saat mengajukan permohonan upgrade Akun DECA Anda menjadi DECA Premium berdasarkan penilaian DOB tidak valid, tidak benar, atau tidak sesuai.
    9. Atas keputusan untuk melakukan downgrade atas status Akun DECA milik Anda, DOB akan memberikan pemberitahuan kepada Anda 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum Akun DECA milik Anda dilakukan downgrade menjadi DECA Basic, di mana selama jangka waktu tersebut Anda dapat melengkapi data yang dimintakan oleh DOB untuk DOB dapat melakukan analisa terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk membatalkan keputusan downgrade tersebut. Apabila dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pemberitahuan, Anda tidak memberikan tanggapan dan melengkapi data yang dimintakan, maka DOB akan memberitahukan bahwa status Akun DECA Anda telah di downgrade menjadi DECA Basic. Berdasarkan hasil analisa tersebut yang disampaikan oleh DOB kepada Anda, Anda menerima dan setuju atas hasil analisa yang disampaikan oleh DECA sehubungan dengan proses pemblokiran, downgrade Akun DECA, dan/atau pengakhiran Layanan DECA Anda.
  7. AKUN DORMANT (DORMANT ACCOUNT)
    1. "Dormant Account" atau "Akun Dormant" adalah Akun DECA yang tidak memiliki Transaksi selama 1 (satu) bulan secara berturut-turut sejak tanggal Transaksi terakhir. Dalam hal Akun DECA tidak pernah melakukan Transaksi, maka akan dihitung 1 (satu) bulan sejak tanggal registrasi Akun DECA.
    2. "Transaksi" adalah kegiatan dalam Akun DECA untuk melakukan isi saldo (Cash In/Top Up), pembayaran transaksi, pembayaran tagihan, transfer dana, tarik tunai, yang dilakukan oleh dan diantara Pengguna DECA.
    3. Dalam hal tidak terjadi Transaksi dalam jangka waktu tersebut, maka:
      1. Kami mencadangkan hak Kami untuk secara sementara menghentikan dan/atau membatasi layanan DECA tertentu di dan/atau akses Anda ke Akun Dormant, dan/atau secara permanen menutup Akun Dormant dalam hal tidak terdapat kewajiban terutang antara Anda dan Kami.
      2. Pengguna DECA dapat mengajukan untuk mengaktifkan kembali Akun DECA dan/atau mengklaim Saldo DECA yang tersisa di saldo aktif Pengguna DECA, dengan cara menghubungi customer DECA dan melakukan langkah - langkah pemulihan akun yang ditentukan oleh DOB.
    4. Pengguna DECA telah menyetujui Akun Dormant yang sudah dinonaktifkan sebagaimana dimaksud dalam angka 4 ketentuan ini.
    5. Pengguna DECA membebaskan DOB atas segala tuntuan/klaim sebagaimana dimaksud dalam angka 4 ketentuan ini.
  8. PERNYATAAN DAN JAMINAN
    1. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin penggunaan Aplikasi DECA oleh Anda hanya akan digunakan sesuai yang telah ditentukan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini serta untuk tujuan yang sah dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    2. Anda dengan ini menyatakan telah memahami bahwa pendebetan atas transaksi yang dilakukan dengan Aplikasi DECA terdapat kemungkinan keterlambatan karena berbagai alasan yang wajar. DOB akan menginformasikan kepada Anda atas adanya keterlambatan tersebut dan sebelum DOB mendebet transaksi tersebut. Oleh karena itu Anda membebaskan DOB dari segala bentuk pertanggungjawaban yang timbul atas keterlambatan pendebetan tersebut.
    3. Anda dengan ini menyatakan telah memahami bahwa atas suatu alasan yang wajar terdapat kemungkinan terjadinya Aplikasi DECA yang menjadi tidak stabil, terganggu, adanya perubahan, tidak tersedia, dan/atau tidak berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan oleh Anda, dan
    4. DOB akan menginformasikan kepada Anda atas adanya kemungkinan terjadinya Aplikasi DECA yang menjadi tidak stabil, terganggu, adanya perubahan, tidak tersedia, dan/atau tidak berjalan sebagaimana mestinya yang diharapkan tersebut, dan oleh karena itu anda tidak akan mengajukan klaim, tuntutan, dan/atau gugatan terhadap DOB atas terjadinya hal-hal tersebut.
  9. RISIKO PENGGUNAAN Anda dengan ini dianggap telah memahami segala risiko yang mungkin timbul atas penggunaan DECA. Atas hal tersebut, Kami kembali ingatkan kepada Anda untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
    1. Kami tidak pernah meminta detail akses terhadap Akun DECA milik Anda, seperti kode verifikasi dalam bentuk OTP dan detail akses lainnya yang hanya diketahui oleh Anda, atas alasan apapun kecuali terkait dengan dan untuk memenuhi permintaan langsung dari Anda seperti untuk sebatas keperluan yang dibutuhkan dalam hal recovery Akun DECA milik Anda. Kami tidak akan pernah menghubungi pengguna untuk meminta informasi detail akses maupun informasi pribadi lainnya yang dapat digunakan untuk memperoleh hak akses akun Pengguna DECA, sehingga Kami mengimbau Anda untuk tidak menanggapi pihak yang mengatasnamakan DECA yang meminta hal tersebut kepada Anda dan untuk senantiasa menjaga kerahasiaan informasi pribadi milik Anda.
    2. Anda hanya menghubungi layanan informasi resmi yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini, dan tidak menanggapi setiap pihak yang mengaku sebagai perwakilan resmi dari DOB yang menghubungi Anda di luar dari layanan informasi resmi tersebut.
    3. Anda sepenuhnya bertanggung jawab atas kerahasiaan OTP yang diberikan kepada Anda terkait layanan DECA, dan membebaskan DOB dari segala kelalaian, kesalahan ataupun tindakan Anda yang menyebabkan kebocoran atas kerahasiaan OTP yang Anda terima yang menyebabkan kerugian dalam bentuk apapun bagi Anda.
    4. Untuk kenyamanan dalam menggunakan DECA, Anda hanya mengunduh Aplikasi DECA hanya dari Playstore (jika Anda menggunakan sistem operasi ponsel Android) dan Kami mengimbau Anda untuk senantiasa melakukan update terbaru yang ada untuk Aplikasi DECA.
    5. Apabila terdapat kendala dalam mengakses Akun DECA milik Anda, Kami imbau kepada Anda untuk segera menghubungi layanan informasi resmi Kami.
    6. Kami mengimbau Anda untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini.
    7. Perlu Kami informasikan bahwa setiap informasi mengenai promo, hadiah, atau undian hanya disampaikan melalui Aplikasi DECA. Kami tidak pernah meminta Anda untuk melakukan transfer uang ke rekening manapun dengan mengiming-imingi adanya promo, hadiah, atau undian yang mengatasnamakan DECA tersebut.
  10. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB DOB
    1. Anda dengan ini membebaskan DOB atas segala kerugian tidak langsung termasuk namun tidak terbatas pada kehilangan kesempatan, kehilangan pendapatan, atau kehilangan keuntungan maupun kerugian imateriil lainnya termasuk karena tuntutan dari pihak manapun yang timbul akibat penggunaan DECA oleh Anda selaku Pengguna DECA.
    2. DOB hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita Anda sepanjang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan DOB dengan jumlah maksimum sebesar jumlah nominal transaksi yang dimaksud.
    3. DOB dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dalam hal terjadi Force Majeure dan/atau karena tindakan pihak ketiga lain dengan itikad tidak baik dan/atau karena kewajiban sesuai peraturan pemerintah yang berlaku yang menyebabkan DOB tidak dapat memberikan Layanan DECA.
    4. Dalam hal terjadinya kegagalan sistem maka DOB akan mengupayakan dengan usaha yang paling baik untuk menjaga nilai saldo uang elektronik dalam DECA tetap aman dan dapat digunakan kembali saat sistem kembali normal.
    5. Anda dengan ini memahami dan menyetujui bahwa DOB tidak pernah dalam hal apapun melalui Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini atau melalui media resmi DECA lainnya memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa penggunaan DECA akan tepat waktu, tidak terganggu, aman, atau bebas dari gangguan atau hambatan serta komponen berbahaya lainnya; penyediaan serta kualitas fitur dan layanan DECA pasti memenuhi harapan Anda; bahwa DECA dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat atau sistem pihak ketiga; setiap data transaksi yang Kami simpan atau tersimpan dalam DECA atau Sistem DECA adalah akurat atau benar; dan tidak akan ada kesalahan atau gangguan dari DECA dan/atau Sistem DECA.
  11. PERANGKAT LUNAK APLIKASI DECA
    1. Kami hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi DECA yang resmi pada Google Play Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam. Mengunduh Aplikasi DECA dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
    2. Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa dalam menggunakan ponsel Anda, terdapat kemungkinan bahwa sistem operasi yang digunakan pada ponsel Anda tersebut akan menyediakan suatu syarat dan ketentuan layanan khusus untuk dapat Anda setujui atau tidak Anda setujui terkait penggunaan aplikasi pada ponsel Anda termasuk penggunaan Aplikasi DECA, sistem operasi tersebut adalah Android. Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa atas permintaan persetujuan atas syarat dan ketentuan tersebut adalah inisiatif dari sistem operasi masing-masing ponsel Anda dan dalam hal apapun bukan merupakan inisiatif DOB, sehingga DOB dengan ini dibebaskan dari segala pertanggungjawaban atas persetujuan ataupun permintaan atas syarat dan ketentuan tersebut.
  12. KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Seluruh Aplikasi DECA dan sistem pendukungnya seperti: (a) layout, desain dan tampilan Aplikasi DECA yang terdapat dalam atau ditampilkan pada media Aplikasi DECA, (b) logo, foto, gambar, nama, merek, kata, huruf-huruf, angka-angka, tulisan, dan susunan warna yang terdapat dalam Aplikasi DECA; dan (c) kombinasi dari unsur-unsur sebagaimana dimaksud dalam huruf (a) dan (b), sepenuhnya merupakan hak kekayaan intelektual milik Kami dan tidak ada pihak lain yang turut memiliki hak atas Aplikasi DECA maupun atas layout, desain dan tampilan Aplikasi DECA.
    2. Anda tidak diperkenankan untuk (i) menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum, membuat ulang, mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi DECA (termasuk sistem pendukung dan layanan di dalamnya) yang dilisensikan kepada Anda, kecuali sebagaimana diperbolehkan dalam Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini, (ii) memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak ketiga dan/atau perangkat lunak dengan cara apapun sehingga melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku; (iii) menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi yang Kami miliki lainnya tanpa memperoleh persetujuan terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang memberikan lisensi hak-nya kepada Kami, (iv) menghapus setiap hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi DECA, (v) merekayasa ulang atau mengakses Aplikasi DECA dan/atau sistem pendukungnya untuk (a) membangun produk atau layanan tandingan, (b) membangun produk dengan menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafis sejenis, atau (c) menyalin ide, fitur, fungsi, atau grafis, (vi) meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web crawlers, web robots, web indexers, bots, virus, worm, atau aplikasi lain sejenis dan segala program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi DECA, (vii) menggunakan robot, spider, pencarian situs/aplikasi pengambilan kembali, atau perangkat manual atau otomatis lainnya atau proses untuk mengambil, indeks, "tambang data" (data mine), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi DECA dan isi yang terdapat di dalamnya.
  13. KEADAAN KAHAR Terdapat kemungkinan, di kemudian hari Kami tidak dapat meneruskan transaksi Anda atau tidak dapat dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan ketentuan karena disebabkan oleh adanya Force Majeure (keadaan kahar) di luar kekuasaan dan kemampuan DOB. Bahwa yang dimaksud dengan Force Majeure dalam Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini adalah kejadian-kejadian yang terjadi diluar kehendak dan kekuasaan DOB yang secara langsung dan material dapat mempengaruhi pelaksanaan hak dan tanggung jawab DOB berdasarkan Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini, termasuk kejadian-kejadian sebagai akibat adanya hal-hal berikut yang dialami oleh DOB: segala gangguan virus komputer, gangguan komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu operasional DECA, gangguan telekomunikasi atau gangguan listrik yang mengganggu penyediaan layanan DECA, kegagalan sistem keuangan, bencana alam; kebakaran; keberlakuan peraturan perundang-undangan yang secara langsung mempengaruhi kemampuan penyediaan layanan DECA oleh DOB; aksi penyampaian pendapat; kelalaian dari pemerintah; perang atau keadaan yang timbul dari atau sebagai akibat perang; wabah, epidemi, dan/atau pandemi penyakit; kerusuhan; aksi terorisme; atau kejadian – kejadian lain diluar kemampuan DOB yang secara langsung dapat mengakibatkan tidak terlaksananya pelaksanaan hak dan kewajiban DOB dalam Syarat dan Ketentuan DECA ini. Anda setuju untuk membebaskan kami dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat menjalani instruksi Anda, baik sebagian maupun keseluruhan, karena suatu Force Majeure
  14. LAYANAN INFORMASI
    1. Dalam hal terdapat pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan dan/atau kebutuhan pendampingan sehubungan dengan penggunaan DECA, maka Anda dapat mengajukan pertanyaan dan/atau keluhan secara tertulis dengan melampirkan fotokopi identitas Anda atau data diri Anda melalui:
      1. Secara tertulis melalui email (cs@deca.co.id);
    2. DOB akan melakukan verifikasi data Anda dengan berpedoman pada data Anda yang tersimpan pada sistem DOB. DOB berhak melakukan penolakan dalam memproses pertanyaan dan/atau keluhan/pengaduan yang diajukan Anda dalam hal data Anda yang diverifikasi tidak sesuai dengan data Anda yang tersimpan pada sistem DOB.
    3. DOB akan melakukan pemeriksaan dan/atau investigasi atas pengaduan Anda, serta memberikan jawaban kepada Anda sesuai dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di DOB dengan tetap memperhatikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  15. HUKUM YANG BERLAKU
    1. Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    2. Segala perselisihan atau sengketa yang timbul akibat dari pelaksanaan dan/atau penafsiran atas isi Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini yang terjadi di antara DOB dan Anda akan pertama-tama diupayakan untuk diselesaikan secara kekeluargaan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat di antara DOB dan Anda.
    3. Segala perselisihan yang timbul berkenaan dengan layanan DECA yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) Hari Kalender sejak tanggal musyawarah tersebut dilaksanakan, Anda dan DOB sepakat untuk perselisihan tersebut akan diselesaikan melalui mediasi dengan berpedoman kepada prosedur yang berlaku di Bank Indonesia, dan selanjutnya dalam hal atas mediasi tersebut masih diperlukan penyelesaian dengan cara arbitrase, maka akan diselesaikan melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI), dengan mengacu terhadap prosedur yang berlaku di BANI serta prosedur arbitrase menggunakan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan menggunakan Bahasa Indonesia.
  16. LAIN-LAIN
    1. Dalam menggunakan layanan DECA, Anda menyadari bahwa atas penggunaan fitur yang ada pada layanan DECA, maka Anda turut terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang tercantum pada masing-masing fitur yang Anda gunakan ("SnK Fitur"). Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa apabila terdapat ketentuan dalam SnK Fitur tersebut yang bertentangan secara langsung dengan ketentuan yang tertuang pada Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini, maka ketentuan yang berlaku atas penggunaan fitur/layanan khusus tersebut adalah SnK Fitur yang bersangkutan, dan Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini akan tetap berlaku kepada Anda terhadap hal-hal yang tidak diatur dalam SnK Fitur. Anda diimbau untuk membaca dengan seksama SnK Fitur yang bersangkutan.
    2. Kami menerima dan menjalankan setiap instruksi Pengguna DECA sebagai instruksi yang sah berdasarkan penggunaan layanan DECA dan karenanya Kami tidak mempunyai kewajiban kepada Anda untuk menilai maupun membuktikan ketepatan maupun kelengkapan instruksi dimaksud dan oleh karena itu instruksi tersebut sah mengikat Anda, kecuali Anda dapat membuktikan sebaliknya.
    3. Anda setuju bahwa DOB dapat memperoleh, mengumpulkan, mengirimkan, menyimpan, menganalisis, dan/atau mengolah informasi sehubungan dengan informasi Anda sesuai keberlakuan pada Kebijakan Privasi yang ada pada DOB, baik yang diberikan sendiri oleh Anda, diperoleh dari pihak ketiga, atau timbul akibat penggunaan DECA, termasuk menggabungkan, memisahkan, atau melakukan tindakan lain yang dibutuhkan termasuk menyerahkan data kepada pihak ketiga lain dengan batasan pemberian data sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada mitra, afiliasi atau perusahaan-perusahaan lain yang bekerja sama dengan DOB dalam menyediakan fitur pada Aplikasi DECA, serta aparat penegak hukum dan lembaga pemerintah.
    4. Anda setuju untuk menerima informasi terkait dengan produk-produk maupun program marketing DECA dan pihak yang bekerja sama dengan DOB sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan oleh DOB dan Anda setiap saat dapat memilih untuk menerima atau tidak suatu penawaran produk atau program tertentu.
    5. DOB dapat mengubah, melengkapi, atau mengganti Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini secara berkala dengan pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu kepada Anda melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan DOB.
    6. Dengan membaca Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini Anda memahami Syarat dan Ketentuan Layanan DECA dan ketentuan-ketentuan mengenai fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh Layanan DECA, termasuk setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh DOB kepada Anda.
    7. DOB tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian atau ketersediaan barang di pihak ketiga atau mitra yang bekerjasama dalam penyelenggaraan Layanan DECA.
    8. Anda setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian bukti transaksi yang menggunakan Layanan DECA yang ditransmisi secara elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk SMS, tape/cartridge, print out komputer, salinan, atau bentuk penyimpanan informasi yang lain sebagaimana dimaksud sebagai Dokumen Elektronik dan Informasi Elektronik dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut seluruh perubahannya (jika ada) sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, dan semua alat atau dokumen tersebut merupakan alat bukti yang sah atas transaksi yang diinstruksikan dengan menggunakan Layanan DECA, kecuali Anda dapat membuktikan sebaliknya.
    9. Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan DECA, Anda memberikan persetujuannya atas semua ketentuan yang ditetapkan oleh DOB yang ada pada seluruh layanan atau fasilitas DECA dan mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima DOB adalah dari Anda dan dapat diperlakukan sebagai alat bukti yang sah meskipun tidak dikeluarkan dokumen tertulis yang ditandatangani.
    10. Penggunaan PIN, verifikasi One Time Password (OTP), verifikasi sidik jari, dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan DECA mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Anda.
    11. Terkait dengan fitur/layanan yang disediakan pihak ketiga di dalam DECA, Anda dengan ini dianggap telah memahami bahwa DOB berhak untuk mengubah atau menangguhkan fitur/layanan pihak ketiga tersebut yang ada di DECA dengan pemberitahuan atau persetujuan kepada Anda terlebih dahulu.
    12. Pengguna dengan ini telah memahami dan setuju bahwa DECA bisa terdapat dalam suatu platform atau aplikasi milik pihak ketiga sebagai hasil dari suatu kerjasama antara pihak ketiga tersebut dengan Kami dan Pengguna DECA akan turut membaca serta mempelajari Syarat dan Ketentuan layanan pihak ketiga hasil kerjasama pihak ketiga tersebut dengan Kami. Oleh karena itu, Pengguna DECA dengan ini menjamin akan tunduk terhadap syarat dan ketentuan dalam platform atau aplikasi pihak ketiga tersebut. Atas hal tersebut, Anda dengan ini membebaskan DOB atas penggunaan platform atau aplikasi milik pihak ketiga yang digunakan oleh Anda sejauh hal tersebut tidak menyangkut kewajiban DOB yang diatur berdasarkan kerjasama DOB dengan pihak ketiga tersebut.
    13. Syarat dan Ketentuan Layanan DECA ini berlaku hingga adanya perubahan atas isi Syarat dan Ketentuan Layanan DECA, yang perubahannya akan diberitahukan kepada Pengguna DECA paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum pemberlakuan perubahan. Dalam hal Anda tidak memberikan tanggapan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja setelah pemberitahuan, maka DECA dapat menganggap Anda menyetujui perubahan pada Syarat dan Ketentuan DECA.
    14. Setiap terjemahan Persyaratan Layanan ini atau kebijakan lain yang dirujuk dalam Persyaratan Layanan ini diberikan semata-mata untuk kemudahan anda. Makna dari syarat, ketentuan dan pernyataan dalam Persyaratan Layanan ini tunduk pada pengertian dan penafsirannya dalam Bahasa Indonesia. Terjemahan yang diberikan mungkin tidak secara tepat menerangkan informasi tersebut dalam bahasa aslinya, yaitu Bahasa Indonesia.